Controlling (Pengendalian) :
1.Suatu proses pemantauan prestasi dan pengambilan tindakan untuk menjamin hasil yang diharapkan
2.Tampak seperti mengawasi bahwa segala sesuatunya berjalan secara tepat waktu yang tepat
3.Dikerjakan Tongan baik, hal ini menjamin bahwa semua tujuan dari setiap orang atau kelompok konsisten dengan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang
4.Hal ini membantu menyakinkan bahwa tujuan dari hasil tetap konsisten satu sama lain dengan dalam organisasi
5.Menjaga pemenuhan (kompliansi) aturan dan kebijakan yang esensial)
Cybernetic Control System (Sistem Kontrol SIbernetik) :
1.Sesuatu yang mengetahui sendiri dalam hal memonitor pekerjaan dan kemampuan membetulkannya (Thermostat/ pengatur suhu disetrika otomatis)
2.Proses pengendalian yang dipraktikan dalam organisasi bukanlah sibernetik tetapi mengikuti prinsip serupa.
Proses Pengendalian
=Membangun tujuan-tujuan dan standar-standar
=Mengukur performa aktual
=Membandingkan hasil dengan tujuan dan standar
=Mengambil tindakan yang perlu
Membangun tujuan-tujuan dan Standar-standar
*Proses pengendalian mulai dengan perencanaan dan pembangunan tujuan perfoma
*Tujuan penampilan didefinisikan dan standar-standar untuk mengukurnya disusun.
Ada 2 tipe standar :
Standar out-put (keluaran) ; mengukur hasil-hasil tempilan dalam istilah kuantitas, *kualitas biaya atau waktu.
*Standar in-put (masukan) ; mengukut usaha-usaha kerja yang masuk kedalam tugas penampilan.
Pengukuran Penampilan Aktual
*Pengukuran harus cukup akurat untuk menyorot penyimpangan atau variasi
*Tanpa pengukuran pengendalian yang efektif tidaklah mungkin ada.
Membandingkan hasil dengan tujuan
dan standar
*Perbandingan dari tampilan aktual dengan tampilan yang diharapkan membangun kebutuhan untuk bertindak.
*Cara untuk membuat perbandingan meliputi :
Historis Relatif/ rancang –bangun
Benchmarking
Mengambil Tindakan Korektif
*Mengambil beberapa tindakan yang perlu untuk membetulkan atau mengembangkan sesuatu.
*Management by-Exception befokus pada perhatian manajerial pada perbedaan substansi antara tampilan aktual dengan tampilan yang diharapkan.
Mengambil Tindakan Korektif
*Mengambil beberapa tindakan yang perlu untuk membetulkan atau mengembangkan sesuatu.
*Management by-Exception befokus pada perhatian manajerial pada perbedaan substansi antara tampilan aktual dengan tampilan yang diharapkan
Taking Corrective Action
*Management Exception dan save the managers time energy and other resources and concentrates efforts on areas showing the greatest need.
*Thre are two types of exceptions :
Problem – below standar
Opportunities – above standard
Pengendalian terbaik dalam organisasi adalah :
*Berorientasi pada strategi dan hasil
*Dapat dipahami
*Mendorong pengendalian diri (self control)
*Berorientasi secara waktu dan eksepsi
*Bersifat positif
*Setara dan objektif
*Fleksibel
Tipe-tipe Pengendalian
*Awal (Preliminary)
...Kadang-kadang disebut kendali (feedforward). Hal ini harus dipenuhi sebelum suatu pekerjaan dimulai. Kendali ini menyakinkan bahwa arah yang tepat telah disusun sumber-sumber yang tepat tersedia untuk memenuhinya.
*Saat ini (Concurrent)
...Berfokus pada apa yang sedang terjadi selama proses. Kadang-kadang disebut kendali steering, kendali ini memantau operasi dan aktivitas yang sedang berjalan untuk menjamin sesuatunya telah dikerjakan dengan tepat.
Sistem Pengendalian Organisasi
1. Proses manajemen (strategi dan tujuan, kebijakan dan prosedur, seleksi dan pelatihan)
2. Kompensasi dan keuntungan
3. Disiplin pegawai
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar