PRODUKSI
Produksi dan operasi dalam ekonomi adalah kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk menciptakan dan menambah nilai guna suatu barang / utility (form, place, time dan owner).
Manajemen adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan kegiatan-kegiatan orang lain.
MANAJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI adalah kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya secara efektif dan efisien untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang.
PRODUKTIFITAS akan meningkat ketika:
1. Menjadikannya lebih efisien
2. Memperkecil ukuran perusahaan
3. Memperluas operasi perusahaan
4. Penghematan biaya
5. Mencari terobosan
SUMBER PRODUKSI:
1. Bahan / tanah
2. Mesin / alat
3. Jasa Manusia / Tk
FAKTOR PRODUKSI:
Money, Material, Machine, Man, Method dan Market
TUGAS MANAGEMENT:
1. Mendapatkan fakta
2. Merencanakan
3. Menggerakkan
4. Mengkoordinir
5. Mengontrol
6. Mendorong
KOMUNIKASI
Komunikasi adalah proses pengiriman informasi dari seseorang dan penerimaan informasi oleh orang lain melalui saluran tertentu.
INTI KOMUNIKASI merupakan konteks:
1. Antara manajer dan karyawan
2. Antara manajer dan manajer
3. Antara karyawan dan manajer
PERANAN KOMUNIKASI:
1. Sebagai alat bagi manajer untuk menyampaikan informasi tentang kebijakan
2. Alat mewujudkan aktifitas-aktifitas secara terorganisasi dan dalam mewujudkan kerjasama
UNSUR KOMUNIKASI:
1. Saluran yaitu media untuk menyampaikan pesan ( verbal dan non verbal)
2. Media pengiriman umpan balik
3. Umpan balik
TiPE KOMUNIKASI:
1. Komunikasi Verbal
2. Informal
3. Non verbal
4. Formal
JENIS KOMUNIKASI:
1. Komunikasi vertikal
2. Komunikasi lateral atau horizontal
3. Komunikasi diagonal
JARINGAN KOMUNIKASI:
1. Lingkaran
2. Rantai
3. Huruf Y
4. Bintang
HAMBATAN PADA PROSES KOMUNIKASI:
1. Hambatan pada pengiriman, kemungkikan penyampain pesan yang tidak jelas
2. Hambatan pada pesan, kata2 yang diphlih dan diucapkan kurang baik
3. Hambatan pada saluran. Berhubungan dengan penggunaan saluran yang kurang baik
4. Hambatan pada penerima. Berhubungan dengan perceptual proses penerima.
HAMBATAN PADA KOMUNIKASI YANG EFEKTIF:
1. Hambatan organisasional
2. Hambatan pribadi
UPAYA MANAGER UNTUK MENGEFFKTIFKAN KOMUNIKASI:
1. Meningkatkan kesadaran atau kebutuhan komunikasi efektif
2. Mendorong komunikasi 2 arah dengan adanya umpan balik
3. Menyelenggarakan berbagai pelatihan berita secara lisan, penggunaan bahasa yang tepat dan efektif
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar