Minggu, 16 Oktober 2011

MEMAHAMI MANAJEMEN PEMASARAN

PENTINGNYA PEMASARAN:
*keberhasilan suatu perusahaan sering tergantung pada kemampuan pemasarannya
* keputusan besar dan rinci harus diambil manager pemasaran atas fitur produk, harga yang ditawarkan kepada pelanggan, dimana produk akan dijual dan berapa biaya promosi, memantau pelanggan dan pesaing dan secara terus menerus memperbaiki tawaran nilai produk mereka.

PEMASARAN adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari ide-ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran dan memuaskan tujuan individu dan organisasi.

MAMJEMEN PEMASARAN adalah senidan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan, menciptakan, menyerahkan dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.

5 SYARAT YANG HARUS DIPENUHI PEMASARAN:
1.sekurang-kurangnya ada 2 pihak
2. masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin bernilai bagi pihak lain
3. masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan menyerahkan sesuatu
4. masing-masing pihyak bebas untuk menerima dan menolak tawaran pertukaran
5. masing-masing pihak yakin bahwa bertransaksi dengan pihak lain merupakan yang yang diinginka

APA SAJA YANG DIPASARKAN:
1. barang
2. jasa
3. pengalaman
4. orang
5. tempat
6. properti
7. organisasi
8. informasi
9. ide / gagasan

SIAPA YANG MEMASARKAN?
PEMASAR DAN PEMASOK adalah seorang yang mencari tanggapan dan pihak lain disebut PROSPEK.
PASAR yaitu kumpulan penjual dan pembeli yang melakukan transaksi atas sebuah produk atau kelompok produk tertentu.

PASAR PELANGGAN UTAMA:
1. pasar konsumen
2. pasar bisnis'
3. pasar global

-market plasce
-market spaces
-metamarket

BAGAIMANA BISNIS DAN PEMASARAN BERUBAH:
*teknologi
*globalisasi
*deregulasi
*privatisasi
*pemberdayaan pelanggan
*kustomisasi
*persaingan semakin tajam
*transformasi eceran

ADA 5 KONSEP YANG DIJADIKAN PEDOMAN UNTUK MELAKUKAN KEGIATAN PASAR:
1, KONSEP PRODUKSI
menegaskan konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah.
2. KONSEP PRODUK
menegaskan konsumen akan lebih menyukai produk yang menawarkan ciri paling bermutu, berkinerja dan inovatif
3. KONSEP PENJUALAN
berkeyakinan bahwa para konsumen dan perusahaan akan secara teratur membeli cukup banyak produk yang ditawarkan oleh organisasi tertentu.
4. KONSEP PEMASARAN
suatu cara pandang perusahaan bahwa selama barang tersebut memenuhi kebutuhan dan keinginan yang dimilikinya, sehingga perusahaan haruslah memfokuskan upayanya memahami kebutuhan dan keinginan tersebut.
5. KONSEP PEMASARAN HOLISTIC
memastikan setiap pelanggan dalam organisasi menganut prinsip pemasaran yang tepat.

KONSEP, TREND, TUGAS PEMASARAN:
1. KEBUTUHAN, KEINGINAN DAN PERMINTAAN
kebutuhan menggambarkan tuntutan dasar manusia
keinginan bila diarahkan pada sasaran spesifik maka akan memenuhi keinginan
permintaan adalah keinginan akan produk spesifik yang mungkin memenuhi kebutuhan
2. NILAI DAN KEPUASAN
nilai dipersepsikan oleh pelanggan adalah perbedaan antara total nilai/manfaat yang diterima dibandingkan dengan total biaya yang dikeluarkan.
3. OFFERING DAN BRAND
offering : tawaran yang menjadi kombinasi dari produk, pelayanan, informasi dan pengalaman
brand : nama, istilah, simbol, rancangan atau kombinasi dari hal-hal tsb
4. SALURAN PEMASARAN
saluran komunikasi yang digunakan untuk menyerahkan dan menerima pesanan dasi pembeli sasaran
5. RANTAI PASOKAN
menggambarkan suatu saluran yang lebih panjang mulai dari bahan mentah, komponen-komponen, hingga produk final
6. PERSAINGAN
7. LINGKUNGAN PEMASARAN
lingkungan tugas dan lingkungan luas

PROSES PERENCANAAN PEMASARAN:
1. menganalisis peluang pemasaran
2. menyeleksi pasar sasaran
3. merancang strategi pemasaran
4. mengembangkan program pemasaran
5. mengelola usaha pemasaran

TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN:
1. developing marketing strategies and plans
2.memehami apa yang terjadi di dalam dan di luar perusahaan
3. connecting with costumer
4. building strong brand
5.program pemasaran dari produk
6. delivering value
7. comunicating value
8. pembangunan produk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar