Selasa, 13 Desember 2011

STRATEGI PEMASARAN DAN PERENCANAAN PEMASARAN

Starategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu,pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya,terutama sebagai tanggapanperusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah.

Perencanaan Pemasaran adalah perumusan usaha yang akan dilakukan dalam bidang pemasaran dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam suatu perusahaan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu di masa datang.

Strategi Umum Pemasaran
1.Undifferentiated Marketing
-tidak membeda-bedakan pasar
-pasar sebagai satu keseluruhan
-perhatian kepada kebutuhan konsumen
-memasarkan satu macam produk
-penjualan massal
-Biaya menurun
-terjadi hyper competition

2. Differentiated Marketing
-membeda-bedakan pasar
-Melayani kebutuhan beberapa kelompok konsumen tertentu dengan jenis produk tertentu
-Biaya produksi tinggi

3.Concentrated Marketing
-Memusatkan pemasaran produk dalam beberapa segmen pasar
-Spesialisasi dalam berproduksi, distribusi dan usaha promosi
-Resiko cukup besar

____________________________________________________________________________

MARKETING CHANNEL

Saluran Pemasaran (saluran distribusi)adalah sekelompok organisasi yang saling bergantung dan terlibat dalam proses pembuatan produk yang disediakan.
Sistem Saluran Pemasaran : sekelompok saluran pemasaran tertentu yang digunakan oleh sebuah perusahaan.

Strategi pemasaran nya :
Push Strategy : produsen menggunakan tenaga penjualan, promosi dagang,untuk mendorong perantara membawa, mempromosikan dan menjual produk ke pengguna akhir.
Pull Strategy : produsen menggunakan iklan dan promosi untuk meyakinkan konsumen agar meminta produk dari perantara sehingga mendorong perantara memesan produk tersebut.

Hybrid Channel: Yaitu : Melipatgandakan jumlah kunjungan ke pasar di banyak wilayah pasar.
Ex: Produsen “HP” menggunakan tenaga penjualannya untuk menjual ke pelanggan besar, pemasaran lewat telepon pada pelanggan ukuran menengah,mengirimkan surat langsung ke pelanggan kecil, menggunakan pengecer untuk pelanggan yg lebih kecil dan internet utk menjual brg khusus.

Value Network yaitu sebuah sistem kemitraan dan aliansi yang diciptakan perusahaan utk menyediakan, menambah dan menghantarkan penawarannya. Ini meliputi : pemasok perusahaan dan pemasok dari pemasoknya serta pelanggan segera dan pelanggan akhirnya.

Aliran Saluran Pemasaran:
Aliran Fisik:
Pemasok , pengangkut/gudang, produsen, pengangkut/ gudang , penyalur, pengangkut, pelanggan
Aliran Hak Milik:
Pemasok, produsen, penyalur, pelanggan
Aliran Pembayaran:
Pelanggan, bank, penyalur, bank ,produsen, bank, pemasok
Aliran Informasi:
Pemasok,pengangkut/gudang/bank,produsen,pengangkut/gudang/bank,penyalur,pengangkut/bank,pelanggan
Aliran Promosi:
Pemasok,agensi iklan produsen, agensi iklan penyalur,pelanggan

Tingkat Saluran Pemasaran
Saluran Pemasaran Konsumen:
-Tingkat Nol : Produsen, Konsumen
-Tingkat Satu: produsen, pengecer, konsumen
-Tingkat Dua: Produsen, pdgg grosir, pengecer, konsumen
-Tingkat Tiga: produsen, pdgg grosir, pdgg besar, pengecer, konsumen
Saluran Pemasaran Industri :
-Tingkat Nol: Produsen, pelanggan industri
-Tingkat Satu: produsen, distributor industri, pelanggan industri
-Tingkat Dua:produsen, perwakilan produsen, distributor, pelanggan industri
-Tingkat Tiga: produsen, cabang penjualan produsen, distributor, pelanggan industri

Keputusan Rancangan Saluran
-Menganalisis Tingkat Output Jasa yang diinginkan pelanggan
-Menentukan tujuan dan hambatan
-Mengidentifikasi alternatif saluran utama
-Mengevaluasi Alternatif utama

Strategi penentuan jumlah perantara :
-Distribusi Eksklusif : sangat membatasi jumlah perantara.
-Distribusi Selektif: bergantung pada beberapa perantara.
-Distribusi Intensif: menempatkan produk di banyak gerai.

Keputusan manajemen Saluran
-Memilih anggota ssaluran
-Melatih dan memotivasi anggota saluran
-Mengevaluasi anggota saluran
-Memodifikasi rancangan dan pengaturan saluran

Integrasi Sistem Saluran
*Sistem pemasaran vertikal : meliputi produsen, pedagang grosir, pengecer yang bertindak satu sistem terpadu.
*Sistem pemasaran horizontal : dimana dua atau lebih perusahaan yg tidak berhubungan menyatukan sumber daya atau program untuk mengeksploitasi peluang pemasaran yg muncul.
*Pemasaran Multi saluran : terjadi ketika sebuah perusahaan menggunakan dua atau lebih saluran pemasaran utk menjangkau satu atau lebih segmen pelanggan.
*Integrated Marketing Channel : salah satu sistem dimana strategi dan taktik penjualan melalui satu saluran mencerminkan strategi dan taktik penjualan melalui saluran lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar