Selasa, 13 Desember 2011

ANALISA PESAING

ANALISA PESAING

Five force analysis (porter)
*Ancaman produk sejenis
*Ancaman pendatang baru
*Ancaman produk substitusi
*Ancaman kekuatan pasar
*Ancaman kekuatan posisi tawar pemasok


Pesaing:
adalah perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang/jasa yang sama atau mirip dengan produk yang kita tawarkan.

Struktur persaingan industri
-Monopoli
-Oligopoli
-Monopolistik
-Persaingan sempurna

Keunggulan bersaing (Competitive Advantage) adalah Keistimewaan dari suatu perusahaan dan produknya yang diterima oleh target pasar sebagai faktor yang penting dan unggul dalam persaingan

Variabel dalam menganalisa pesaing-
-Pangsa pasar (market share)
-Pangsa ingatan (share of mind)
-Pangsa hati (share of heart)

Kategori pesaing berdasar reaksi
*Pesaing santai
*Pesaing selektif
*Pesaing harimau
*Pesaing tak terduga/stochastic

Kelas persaingan
-Pesaing kuat vs lemah
-Pesaing dekat vs jauh
-Pesaing baik vs buruk

Identifikasi Pesaing Meliputi:
1. Jenis produk yang ditawarkan.
2. Melihat besarnya pasar yang dikuasai (market share) pesaing.
3. Identifikasi peluang dan ancaman.
4. Identifikasi keunggulan dan kelemahan
Ex: - kelengkapan produk?
- kemasan?
- harga?
- distribusi?
- lokasi?
- promosi?

Dari kegiatan analisa pesaing, akan dapat diketahui:Siapa pesaing kita.
-Apa sasaran pesaing yang ingin dicapai.
-Bagaimana strategi yang mereka lakukan.
-Apa dan di mana kekuatan dan kelemahan pesaing.
-Bagaimana pola reaksi mereka.
-Siapa saja yang perlu diserang terlebih dahulu.
-Bagaimana cara menyerangnya.
-Pesaing mana yang harus dihindarkan terlebih dahulu.

Identifikasi Strategi Pesaing:
-Strategi menyerang pesaing yang lemah terdahulu.
-Strategi langsung menyerang lawan yang kuat.
-Strategi gerilya.
-Bertahan terhadap setiap serangan yang dilakukan lawan atau mengimbangi serangan yang dilakukan lawan.

Peran berdasar marketshare
1. 40% pasar dikuasai oleh pemimpin pasar (market leader), perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.
2. 30% dikuasai oleh penantang pasar (market chalenger), perusahaan peringkat kedua yang berjuang keras meningkatkan pangsa pasarnya.
3. 20% dikuasai pengikut pasar (market follower), perusahaan yang mau mempertahankan pangsa pasarnya dan tidak membuat gejolak.
4. 10% yang tersisa berada ditangan para perelung pasar (market nichers), perusahaan yang melayani segmen-segmen pasar kecil yang tidak terlayani oleh perusahaan yang lebih besar (Keegan, 1995).

Strategi pemimpin pasar
*Memperluas pasar keseluruhan: pemakai baru, penggunaan baru, penggunaan yg lebih sering
*Mempertahankan pangsa pasar: pertahanan posisi, pertahanan rusuk, pertahanan mendahului, pertahanan serangan balik, pertahanan bergerak, pertahanan mundur

Strategi penantang pasar
*Meningkatkan pangsa pasar: menyerang pemimpin, menyerang sesama, menyerang yg lebih kecil
*Menyerang

Strategi Penyerangan:
1. Serangan frontal
serangan penuh dan langsung terhadap kekuatan pesaing terhadap:
- harga
- promosi
- distribusi
2. Serangan samping
serangan tidak berhadapan langsung dengan lawan.
serangan melalui sisi kelemahan.
3. Serangan melambung
melakukan serangan secara tidak langsung. Melakukan diversifikasi produk yang tidak terkait. Memasuki pasar wilayah-wilayah yang baru.

Strategi pengikut pasar
1. Strategi imitasi:
-Pemalsu/counterfeit
-Pengklon/cloning/knock off
-Peniru/design copy/trade dress
-Pengadaptasi/creative adaptation/imitation inovation
2. Strategi perelung
-Spesialisasi
-Pencarian relung ganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar