Selasa, 06 Maret 2012

AKUNTANSI MANAJEMEN

SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN

Sistem informasi manajemen adalah sistem yang menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuanktujuan manajemen.

Tujuan sistem akuntansi manajemen:
1. Menyediakan informasi untuk penghitungan biaya jasa, produk, atau objek lainnya yang ditentukan okeh manajemen.
2. Menyediakan informasi untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Fungsi manajemen
1. Perencanaan adalah formulasi teperinci dari kegiatan untuk mencapai suatu tujuan tetentu.
2. Pengendalian adalah aktivitas manajerial untuk memonitor implementasi rencana dan melakukan perbaikan sesuai kebutuhan.
3. Pengambilan keputusan adalah proses pemilihan di antara bebragai alternatif.

Beda akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan:
1. Pengguna :
akmen: berfokus kepada pengguna internal
akkeu: pengguna internal
2. Pembatasan pada masukan dan keluaran
akmen: tidak tergantung pada prinsip akuntansi secara umum
akkeu: menggunakan prinsip akuntansi
3. Jenis informasi
akmen: bersifat subjektif (bersifat keuangan atau non leuangan)
akkeu: bersifat keuangan
4. Orientasi waktu
akmen: lebih menekankan pada masa mendatang
akkeu: memiliki orientasi historis
5. Tingkat agregasi
akmen: informasi yang sangat terperinci dibuthkan dan disediakan
akkeu: memberikan sudut pandang yang lebih agregat
6. Keluasan
akmen: mempunyai lingkup yang lebih luas

Perilaku etis:
1. Kejujuran
2. Integritas
3. Pemenuhan janji
4. Kesetiaan
5. Keadilan
6. Kepedulian terhadap sesama
7. Penghargaan kepada orang lain
8. Kewarganegaraan yang bertanggung jawab
9. Usaha untuk mencapai kesempurnaan
10. Akuntabilitas


KONSEP DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN

Biaya: kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang dan jasa yang diharapkan memberi manfaat saat ini atau dimasa yang akan datang.

Beban: biaya yang kadaluarsa.

Objek biaya: dapat berupa apapun seperti produl, pelanggan, departemen, proyek, aktivitas, dsb yang diukur biayanya dan dibebankan.

Aktivitas: unit dasar kerja yang dilakukan dalam sebuah organisasi.

Produk berwujud adalah barang yang dihasilkan dengan mengubah bahan baku melalui penggunaan tenaga kerja dan masukan input modal.

Jasa adalah tugas atau aktivitas yang dilakukan seseorang atau aktivitas yang dilakukan untuk pelanggan dengan menggunakan

full costing = for extrenade reporting purpose
all cost that directly and indirectly related to purchase the product should be assigned to product.

Variable costing = for internal purpuse
fix cost is not influence bya unit purchased (product activity). So, its not fair if its assigned to product

Tidak ada komentar:

Posting Komentar