Rabu, 07 Maret 2012

GAMBARAN UMUM PENGANGGARAN

anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi semua kegiatan, dinyatakan dalam satuan keuangan(satuan moneter) dan berlaku untuk jangka waktu tertentu.

Unsur pokok anggaran:
1. Rencana
adalah suatu penentuan terlebih dahulu suatu aktivitas yang akan dilakukan di waktu yang akan datang.
Alasan perlunya rencana
*masa yang akan datang penuh ketidakpastian
*banyaknya alternatif pilihan
*pedoman lerja bagi karyawan
*alat pengloordinasian seluruh kegiatan dari semua bagian perusahaan
*alat evaluasi kerja karyawan

2. Meliputi semua kegiata perusahaan
meliputi semua kegiatan perusahaan:
*fungsi produksi
*fungsi pembelajaran
*fungsi adm
*fungsi pemasara

3. Dinyatakan dalam satuan moneter

4. Berlaku dalam jangka waktu tetentu
*budget taktis: budget harian, mingguan, bulanan
*budget strategis: budget tahuna

fungsi dan kegunaan anggaran:
1. Sebagai pedoman kerja
2. Sebagai alat pengkoordinasian kerja
3. Sebagai alat evaluasi kerja

Kelemahan anggaran:
1. Karna anggaran disusun berdasarkan estomasi, maka untuk terlaksananya anggaran dengan baik tergantung pasa kegiatam estimasi yang dibuat
2. Anggaran adalah rencana, rencana bisa saja terlaksana jika dilakukan bersungguh-sungguh
3. Anggaran hanya alat untuk membantu manager, bukan menggantikannya
4. Kondisi tidak selalu sama dengan yang diramalkan


RENCANA PENJUALAN

Tujuan dari rencana penjualan:
1. Mengurangi ketidak pastian pendapatan di masa yang akan datang
2. Memasukkan kebijakan dan keputusan manajemen ke dalam proses perencanaan
3. Memberikan informasi penting bagi pembentukan elemen lain dari rencana menyeluruh
4. Memudahkan pengendalian manejemen atas kegiatan penjualan

Masalah yang dihadapai:
1. Barang/jasa yang akan dijual
2. Barang yang perlu dikeluarlan saat menjual
3. Harga jual barang / jasa

Teknik peramalan:
1. Berdasarkan pendapat: pendapat salesman, pendapat sales manager, pendapat para ahli, survey konsumen
2. Metode statistik: analis tren, least square, variansi musim, analisa korelasi
3. Metode khusus: analisa industri, analisa produk line, analisa penggunaan akhir


PROSES PENGANGGARAN
1. Tahap penentuan tujuan dan sasaran
2. Tahap mengumpulkan data dan informasi
3. Tahap mengolah data dan informasi
4. Tahap menyusun anggaran sementar
5. Tahap mendiskusikan anggaran sementara
6. Tahap menyusun budget definitif
7. Tahap sosialisasi anggaran definitif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar